2016, MICE Diproyeksikan Tumbuh 5%

0
685

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: KEGIATAN MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event) di Indonesia, sepanjang tahun 2016 diproyeksikan tumbuh sekitar 5%. Peningkatan kegiatan MICE ini, besar pengaruhnya tarhadap perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air yang tahun 2016 ditargetkan sebanyak 260 juta perjalanan atau tumbuh 1,9% dibandingkan target 2015 sebanyak 255 juta perjalanan.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Bisnis dan Pemerintah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Tazbir, mengatakan peningkatan kegiatan MICE dalam negeri terutama terjadi di lingkungan korporasi (bisnis) dan pemerintahan baik yang diselenggarakan sendiri maupun diserahkan kepada event organizer atau PCO (Professional Conference Organizer).

“Peningkatan kegaitan MICE di dalam negeri juga karena banyak daerah kini memiliki fasilitas konvensi dan pertemuan yang representatif. Mereka gencar menawarkan diri sebagai daerah yang siap dikunjungi wisatawan MICE,” kata Tazbir dalam rapat koordinasi bidang MICE dengan para pelaku bisnis pariwisata, instansi, dan koorporasi (BUMN) di Hotel Ibis Harmoni Jakarta, Selasa (15/12).

Tazbir mengatakan, pemerintah (Kemenpar-Red) memberi perhatian khusus terhadap wisata MICE karena kegiatan wisata ini mendatangkan wisman (wisatawan mancanegara) dalam jumlah besar serta mendorong meningkatnya perjalan wisnus di dalam negeri yang tahun ini ditargetkan sebesar 10 juta wisman dan 255 juta perjalanan wisnus, tahun 2016 meningkat menjadi 12 juta wisman dan 260 juta perjalanan wisnus, dan akan menjadi 20 juta wisman dan 275 juta perjalanan wisnus pada 2019 mendatang.

Kemenpar menempatkan wisata MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional karena kontribusinya terhadap kunjungan wisman maupun peningkatan perjalanan wisnus cukup besar. Wisata MICE masuk dalam lima teratas (top five contributors) dalam mendatangkan wisman selain wisata belanja dan kuliner; wisata heritage & religi; wisata bahari; dan wisata olahraga.

Hasil survei PES (Passenger Exit Survey) Kemenpar tahun 2013 menyebutkan 25% wisman yang berkunjung ke Indonesia karena mengikuti kegiatan MICE, sedangkan besarnya pengeluaran wisatawan MICE dua kali lipat atau sekitar US$ 2.200 per kunjungan/wisman dibandingkan wisatawan biasa (leisure). (koko)

LEAVE A REPLY