2016, 12 Juta Wisman Ditargetkan Kunjungi Indonesia

0
469
WISATAWAN di BALI

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PEMERINTAH semakin optimistis menaikkan target jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) sepanjang tahun 2016 mencapai 12 juta kunjungan orang atau mengalami grafik kenaikan 2 juta dari target tahun 2015.

“Dengan target 12 juta kunjungan wisman, diproyeksikan meraup devisa sebesar Rp 172 triliun. Dan untuk kunjungan wisnus (Wisatawan Nusatantara) sebanyak 60 juta perjalanan dengan uang yang dibelanjakan sebesar Rp 223,6 triliun. Sehingga, pariwisata diharapkan menyumbang 5% PDB nasional,” ujar Arief Yahya di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Dilanjutkan, demi mengejar target sebesar itu, Kempar akan mempercepat akselerasi pariwisata antara lain dengan mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas (Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang) menggunakan konsep single destination single management.

“Kita akan mempercepat pembangunan di 10 destinasi prioritas dengan akan menerapkan konsep konsep single destination single management atau dalam bahasa Indonesianya satu destinasi hanya akan dikelola satu management,” papar Arief.

Selain itu, sambung menteri, pemerintah akan menggenjot promosi besar-besaran untuk 10 destinasi pariwisata itu. Mengingatm dengan promosi secara aktif maka hasil yang dicapai dengan kunjungan wisman ke Indonesia akan lebih besar lagi.

Pertumbuhan pariwisata Indonesia tahun 2015 mencapai 7,2%, di atas pertumbuhan pariwisata dunia yang hanya berkisar 4,4% dan di kawasan Asia Tenggara sebesar 6%.

Pertumbuhan pariwisata Indonesia jauh lebih baik dibandingkan Malaysia dan Singapura. Selama periode Januari-Juni 2015, sektor pariwisata di Malaysia tercatat minus 9,4 %. Sedangkan, pariwisata Singapura tumbuh 0% pada periode Januari – Desember 2015 dan Thailand tumbuh 2,3 %. */end

LEAVE A REPLY