20 Pantai Wisata di Thailand Bebas Rokok

0
97
Merokok di kawasan pantai Thailand

BANGKOK, Bisniswisata.co.id: Otoritas Thailand mengumumkan larangan merokok di kawasan 20 pantai wisata yang banyak dikunjungi turis, termasuk daerah tujuan wisata Phuket. Pelanggar larangan ini akan ditangkap dan dipenjara, serta dapat dikenakan sanksi denda hingga sekitar Rp 40,5 juta.

Departemen Kelautan dan Sumber Daya Pesisir (DMCR) menyatakan mereka telah menemukan puluhan ribu puntung rokok yang tersisa di pasir. DMCR mengatakan limbah yang dibuang tersebut merupakan sepertiga dari seluruh sampah yang dikumpulkan.

Kepala DMCR Jatuporn Buruspat mengatakan, sampai dengan 138.000 puntung rokok telah dikumpulkan oleh kelompok lingkungan di atas hamparan pantai Patong sepanjang 2,5 kilometer (1,5 mil) di Phuket.

Menurut laporan Bangkok Post, hukuman bagi pelanggar larangan tersebut adalah satu tahun penjara atau denda sampai 100.000 baht (US$ 3.000 atau sekitar Rp 40,5 juta). Larangan tersebut, yang akan mulai diterapkan November 2017. Larangan akan berlaku di pantai-pantai di provinsi Phuket, Prachuap Khiri Khan, Chon Buri dan Songkhla, dan termasuk resor populer di Koh Samui dan Pattaya.

Buruspat menambahkan saat merokok akan dilarang di pantai yang terkena dampak, akan ada “daerah yang ditunjuk” di daerah pedalaman untuk para perokok. Di sana, perokok dapat menjatuhkan sampah mereka “dalam wadah yang disediakan”.

Dilanjutkan, para pejabat juga mempertimbangkan langkah-langkah yang ditujukan untuk mengatasi isu terkait puntung rokok yang dijatuhkan oleh wisatawan dari kapal. Thailand pada awalnya menerapkan larangan di 20 pantai. Namun otoritas menyatakan bahwa jika berhasil, ukuran tersebut dapat diadopsi secara seragam di banyak wilayah.

Menurut Buruspat, rokok juga menjadi masalah di kawasan perkotaan. Diperkirakan, lebih dari 100 juta puntung rokok ditinggalkan di jalan-jalan di kota-kota besar Thailand setiap hari. Puntung rokok yang dibuang sembarangan menambah masalah banjir yang tidak perlu karena menyumbat saluran air.

Thailand telah mendapat peringkat ke-4 lautan dengan sampah paling banyak di dunia. Masalah ini perlu ditangani dengan tindakan hukum yang tepat. Thailand akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional di Phuket pada 22-23 Oktober. Negara-negara ASEAN akan membahas masalah sampah yang dibuang ke laut di setiap negara, dan bagaimana menghadapinya. (*/BPO)

LEAVE A REPLY