19-24 Mei 2018, Festival Isen Mulang 2018

0
32

PALANGKARAYA, bisniswisata.co.id: Sebuah kolaborasi unik tersaji dalam Festival Isen Mulang 2018. Festival yang memadukan tradisi budaya dengan konsep bisnis modern, akan berlangsung di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, pada 19 – 24 Mei 2018.

Tahun ini, Festival Budaya Isen Mulang dikemas lebih menarik, lebih semarak, lebih lengkap dan lebih berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain kental dengan nuansa budaya, festival ini dikombinasi ekspo. Yaitu menampilkan beragam produk industri andalan di Kalimantan Tengah.

Memperingati hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-61, Festival Budaya Isen Mulang akan ditopang dengan penyelenggaraan Kalteng Quality Expo, yang menjadi etalase bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan.

Melalui festival ini, Kalteng ingin memasarkan beragam produk yang dihasilkan oleh UMKM. Sinergi ini bagus dan menjadi daya tarik lain. Sebab, wisatawan juga bisa berbelanja sekaligus membuka peluang bisnis baru. Mereka bisa berlibur sambil mencari peluang bisnis baru.

Sepanjang 2018, UMKM tumbuh subur di Kalimatan Selatan. 30 UMKM baru hadir dengan beragam jenis produk. Menariknya lagi, beberapa UMKM sudah berkembang jadi usaha menengah.

Selain diharapkan dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman), juga berharap bisa menarik minat wisatawan nusnatara serta masyarakat lokal di provinsi lain Kalimantan. Sebab, event budaya yang ditampilkan ini juga sangat dekat dengan budaya setempat.

Nama Isen Mulang sendiri berasal dari Bahasa Dayak Ngaju. Isen Mulang tersebut artinya Pantang Mundur. Festival ini memang untuk mengakomodir keanekaragaman budaya se-Kalimantan Tengah. Yang tentunya, dikemas dengan beragam treatment. Seperti karnaval dan lomba. Dengan basic budaya Dayak, ada beragam keunikan tradisi yang akan ditampilkan.

Beberapa event budaya yang akan ditampilkan diantaranya Lomba Balogo, Manewang, dan Manetek. Ada juga Budaya Karungut, Sepak Suwut, hingga Besei Kambe. Juga ada kolaborasi olahraga tradisional dan kearifan lokal, kuliner khas Kalimantan Timur, karnaval budaya, hingga expo produk ungulan. Dengan komposisi ini, kami optimistis Kalimantan Tengah bisa terus menggenjot jumlah kunjungan wisatawan.

Setidaknya, 20 kegiatan sudah disiapkan untuk menjaring wisatawan. Terdiri dari beragam pertunjukan dan permainan tradisional. Deretan kegiatan yang akan digelar adalah Karnaval Budaya, Pemilihan Putra-Putri Pariwisata, Tari Daerah, Lagu Daerah dan Karungut, Mangenta, Malamang, Mangaruhi, Balogo, Habayang, Maneweng-Manetek-Manyila Kayu, Jukung Tradisional, Besei Kambe, Jukung Hias, Manyipet, Lagu Daerah, Lawang Sakepeng, Sepak Sawut, Masakan Tradisional, Seni Ukir Patung, dan Ukir Ornamen Talawang.

Kegiatan Festival Budaya Isen Mulang sudah dimulai sejak tahun 1993. Selain kegiatan untuk mendukung Kepariwisataan, Festival Budaya Isen Mulang juga mempromosikan Budaya Suku Dayak. Caranya melalui perlombaan tradisional maupun atraksi pertunjukan.

Festival Budaya Isen Mulang juga melengkapi Kalender Event Pariwisata Kalimantan Tengah tahun 2018. Selain Festival Budaya Isen Mulang ada juga “Kahayan Boat Festival” (Rally Sampan/Perahu, Jukung Hias, Besei Kambe, Balap klotok/alkon, Perahu Kuliner) yang dlaksanakan Juni di Palangka Raya.

Ada juga Fun Bike Tours Wisata yang dilaksanakan di Palangka Raya Mei 2018, Tiwah dilaksanakan di Palangka Raya pada bulan September & Oktober 2018, Temu Karya Tingkat Nasional pada Bulan September 2018, Pemilihan Duta Wisata Nasional di Palangka Raya Bulan November 2018, HUT Museum Nasional di Palangka Raya pada Bulan November 2018.

Kalimantan Tengah memang tengah gencar menggenjot sektor pariwisata. Hal ini bisa terlihat dari kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut. Tahun 2017 lalu Wisatawan Mancanegara yang mengunjungi Kalteng tercatat mencapai 26.159 orang. Sedangkan Wisatawan Nusantara mencapai 839.915 orang. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY