19-20 Desember 2015, Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015

0
2119
Pesawat Jupiter melakukan atraksi udara

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Memperingati 70 tahun Hari Jadi Sekolah Penerbang TNI AU, Sekolah Penerbang TNI AU merangkul Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Gebyar Dirgantara Yogyakarta, 19-20 Desember 2015, di Area Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Kegiatan perpaduan dirgantara dan pariwisata ini, diikuti penerbang dari seluruh provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk lebih memperkenalkan potensi penerbangan kepada masyarakat, serta sebagai daya tarik wisata DIY sebagai kota pariwisata terkemuka di Indonesia dan di tingkat internasional.

Berbagai agenda kegiatan digelar seperti Jupiter Aerobatic Team, fly pass pesawat latih TNI AU, fly pass Pesawat FASI, terjun payung, static show pesawat tempur, helikopter dan pesawat latih TNI-AU FASI, Drumband Akademi Angkatan Udara, Jupiter Runway For Run (4000 peserta), otomotif gathering, bazaar otomotif dan sebagainya.

Jupiter Fun Run sendiri akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Desember di area runway Lanud Adisucipto. Selain itu, diselenggarakan lomba Disc Jokie (DJ) pada saat Jupiter beraksi.

Sebanyak 57 pesawat milik TNI AU dan 3.000 personel TNI AU siap beraksi dalam acara yang baru pertama kali digelar ini. Di antaranya pesawat tempur T50, F16 dan pesawat Sukhoi.

Masyarakat umum juga bisa mengikuti joyflight menggunakan pesawat CN 295 bagi masyarakat umum. Pesawat ini akan terbang melintasi area militer Yogyakarta.

Sekolah Penerbang TNI AU adalah satuan pendidikan di bawah Komando Pendidikan Angkatan Udara yang berada di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Sesuai catatan sejarah, sekolah ini didirikan pada 15 November 1945 dan merupakan pendidikan militer tertua.

Seiring perjalanan sejarah, Sekolah Penerbang TNI AU telah banyak melahirkan para penerbang militer pengawal dirgantara.(marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.