18 – 20 Agustus 2017, Kawanua Travel Mart

0
189
Bunaken Sulut (Foto: okezone.com)

MANADO, Bisniswisata.co.id: Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sulawesi Utara menggelar Kawanua Travel Mart di Mercure Manado Tateli Beach Resort, pada 18 – 20 Agustus 2017. Travel mart ini menghadirkan stakeholder pelaku pariwisata Owner Travel Agent, Hotel, Resort dari seluruh Indonesia juga mancanegara.

Kawanua Travel Mart iIni merupakan acara perdana dan terbesar di Sulawesi Utara, dan diharapkan bisa menjadi kalender event ASPPI tahunan. Tujuannya adalah untuk menjual potensi pariwisata yang ada di Sulut khususnya Taman Laut Nasional Bunaken sebagai ikon bagi pariwisata Sulut. Juga diharapkan dengan event ini, dapat memancing gairah pelaku pariwisata dari daerah lain untuk mendatangkan tamu atau tourist ke Sulawesi Utara

Kegiatan Kawanua Travel Mart terdiri dari beberapa konsep, pada 18 Agustus penjemputan peserta serta welcome dinner. Selanjutnya, 19 Agustus adalah Table Top yang melibatkan komunikasi 2 arah antara Buyer & Seller dan dilanjutkan Gala Dinner. 20 Agustus Fam Trip ke Pulau Bunaken untuk memperkenalkan Pulau Bunaken dan selanjutnya peserta diantarkan kembali ke bandara untuk kembali ke daerah masing-masing.

Namun untuk mengawali inti acara, DPD ASPPI Sulut menggelar acara pembuka pada 14 – 15 Agustus 2017. Acara ini meliputi seminar mengenai bagaimana menjadi tour guide yang baik serta membuat penyusunan paket wisata yang tepat.

Acara ini terselenggara berkat dukungan semua anggota ASPPI DPD Sulawesi Utara dan dukungan dari beberapa sponsor seperti Mercure Manado Tateli Beach Resort, Bastianos Resort, Jles Hotel, Garuda Indonesia, TTC dan beberapa sponsor lainnya serta dukungan penuh dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Seminar bertujuan menyusun paket wisata yang khusus dipersembahkan bagi travel agent di Sulut yang belum mengerti bagaimana membuat penyusunan paket wisata supaya bisa lebih menjual pariwisata di Sulut.

Saat ini Sulut sedang dijamuri wisatawan dari China. Karenanya pemberian materi mengenai bagaimana menjadi tour guide yang baik dirasa perlu untuk diberikan kepada organisasi UMKM yang bernaung di bawah DPD ASPPI Sulut yang akan berhadapan langsung dengan para wisatawan.

Melalui acara Kawanua Travel Mart 2017 diharapkan para seller juga bisa menjual produk-produknya sehingga sekaligus mampu mendongkrak perekonomian Sulawesi Utara di sektor pariwisata. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY