16 Juli 2017, Festival Kampoeng Musikanan

0
241

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: YOGYAKARTA kembali punya acara wisata budaya dan musik. Festival Budaya Kampoeng Musikanan, namanya. Acara ini cukup menarik dan menghibur yang digelar di sepanjang jalan Kampoeng Musikanan Kelurahan Panembahan, Kecamatan Keraton Kota Yogyakarta, pada Ahad 16 Juli 2017.

Memang, musik tidak bisa terlepas dari dan menjadi penghibur keluarga keraton. Musikanan berarti tempat tinggal para abdi dalem pemain musik Keraton Yogyakarta.

Zaman dahulu, di Kampung Musikanan ini yang terdiri dari tiga RT (57,58 dan 59) terkenal dengan aktivitas budaya dan musiknya. Berbagai elemen masyarakat pernah menikmati keriuhan masyarakat musikanan dalam berkesenian ketika berbagai alat musik dan pendukungnya dibunyikan sepanjang hari di kampung ini. Bahkan tokoh musik nasional seperti Idris Sardi hingga Embong Raharjo pernah belajar musik di Musikanan.

Dari rasa kepedulian dan kekhawatiran musnahnya kegiatan bermusik di kampung tersebut maka dirasa perlu untuk mengenalkan kembali, melestarikan dan mengebangkan tradisi musikanan, baik kepada masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Festival Musikanan ini yang pertama kali diselenggarakan. Jaringan Masyarakat Budaya Nusantara didukung Masyarakat Kampung Musikanan beserta seniman dan budayawan DIY akan menyelenggarakan Festival Budaya Kampoeng Musikanan seharian yakni dari pukul 09.00-23.00 WIB, kata Ketua Jaringan Masyarakat Budaya Nusantara Priyo Mustiko.

Kegiatannya antara lain: Pentas Musik Tiga Panggung (Panggung Montecalo di depan SDN Keputren; Panggung Djoned di depan Puskesmas Keraton,dan Panggung Miss Surip di depan Bludiran). ”Nama-nama panggung tersebut merupakan nama tokoh musik pada waktu dulu yang aktif di musiknan,”kata Priyo.

Selain itu juga adan bazar dan kerajinan dari kelompok UKM Musikanan, Kelompok Industri Kreatif dan Komunitas Organik Indonesia sebanyak 50 kelompok. Pada kesempatan ini juga ada foto dokumentasi sejarah musikanan, animasi dan alat musik kuno di rumah warisan bdaya Rio Soeryowaditro . Focus Group Discussion mengakhiri kegiatan festival dengan topik Menghidupkan Kembali Nuansa Musik di Kampung Musikanan. Tertarik? (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY