15 – 26 Maret 2016, Pameran Retrospeksi Titis Jabaruddin

0
2611

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PELUKIS Titis Jabaruddin menggelar pameran retrospeksi pertamanya setelah 50 tahun berkarya. Pameran tungal digelar di Gedung B Galeri Nasional Indonesia, pada 15 hingga 26 Maret 2016. Pameran bertajuk Garis Liris Titis ini, sekaligus menjadi pameran tunggal yang ke-10.

Pameran hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dan Beranda Seni Indigo ini, menandai perjalanan 50 tahun Titis Jabaruddin. Perjalanan Titis tersebut dikisahkan melalui sekitar 85 karya lukis, grafis, drawing, sketsa, dan digital art, dalam rentang tahun 1965 hingga 2016.

Kisah perjalanan Titis dalam tiga periode. Pertama, periode 1965-1995 ditandai dengan karya sketsa hitam-putih, lukisan potret cat minyak, dan lukisan soft pastel. Periode berikutnya 1996-2010 menyajikan berbagai media seni lukis seperti soft pastel, cat minyak, cat akrilik, seni grafis hingga digital art.

Pada periode kedua ini terlihat eksplorasi media dan teknik yang begitu intens, berbagai tema pun disunting Titis dengan sangat dinamis.

Pemilahan ketiga yaitu periode 20112016, menyajikan perkembangan terkini karya-karya seni lukis soft pastel Titis Jabarudin, dengan disertai nuansa religius, baik dari segi pendekatan teknis maupun tema.

Periode-periode tersebut merupakan bukti keaktifan Titis dalam berkarya yang menunjukkan kesetiaannya terhadap seni rupa. Sikap profesionalnya sebagai pelukis menunjukkan kecintaannya terhadap dunia seni rupa tanah air, sehingga sudah selayaknya Galeri Nasional Indonesia memberi apresiasi dengan memfasilitasi pameran tunggal restrospeksi ini

Titis Jabaruddin merupakan pelukis perempuan pertama Indonesia yang menggunakan media pastel (soft pastel) secara konsisten dalam mencipta karya seni rupa. Titiek Sunarti Jabaruddin nama panjang Titis Jabaruddin juga merupakan wanita pelukis pertama yang bergabung dengan Pasar Seni Ancol pada 1979.

Peta perkembangan seni rupa Indonesia, Titis dikenal sebagai pelukis dengan media pastel yang sangat piawai dengan mengangkat tema alam, perempuan hingga figur-figur. Titis juga aktif mengadakan pameran baik kelompok maupun tunggal, di dalam dan luar negeri. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY