14-16 September 2017, Festival Subak Karangasem

0
166
Subak Bali (Foto: culturetripid.blogspot.com)

AMLAPURA, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak menggelar Festival Subak Karangasem (FSK) yang akan berlangsung di Lapangan Mamed, Desa Sinduwati, Kecamatan Sideman, daerah ujung timur Pulau Bali.
Festival Subak Karangasem tersebut berlangsung selama tiga hari, 14-16 September 2017.

Kini berbagai persiapan telah dilakukan termasuk merangkul masyarakat setempat untuk melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan sekitarnya yang telah dilakukan sejak Jumat (8/9). Melalui Festival Subak Karangasem diharapkan dapat menginisiasi tumbuh sinergi pertanian dengan pariwisata, mengedukasi petani dan masyarakat dalam menerapkan teknologi pertanian.

Selain itu, mampu menumbuhkan ekonomi kreatif yang berbasis pertanian, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, termasuk para petani. Sehingga Festival Subak Karangasem ini mampu menjadi momentum kebangkitan para petani di Karangasem dengan menerapkan teknologi pertanian yang tepat guna serta pariwisata, sehingga nantinya dapat menghasil produksi pertanian yang berkualitas sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karangasem

Festival Subak Karangasem yang baru pertama kali digelar diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain demo alat mesin pertanian, berbagai lomba, temu usaha dan forum petani muda. Selain itu, menyajikan berbagai jenis hasil pertanian dalam bursa pertanian.

Digelarnya festival ini dengan sebuah harapan dapat mestarikan keberadaan subak dengan memadukan sektor pertanian dan sektor pariwisata. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh subak di Kabupetan Karangasem. Tidak sampai disitu, kelompok wanita tani, produsen dan distributor benih, pembasmi hama dan juga pupuk serta alat alat pertanian serta pihak Pariwisata dan juga PHRI juga turut dilibatkan dalam Festival tersebut.

Sementara itu, dalam Festival juga akan ditampilkan 23 jenis komoditas pertanian unggulan yang telah ditanam dalam demplot-demplot tersebut. Termasuk contoh kandang ternak sapi dan domba gondrong yang cukup terkanal di Sidemen.

Nantinya panitia Festival juga akan mengajak para peserta atau pengunjung untuk ikut Fun trip, dimana pengunjung akan diarahkan untuk ikut berjalan kaki dari lapangan Mamed menuju demplot selama 30 menit.

Karangasem yang dijuluki bumi magibung ini memiliki berbagai tempat wisata dengan keunikannya tersendiri, baik itu wisata alam, kuliner, tradisi dan budaya, maupun wisata sejarahnya. Ada 10 tempat wisata yang terkenal yang ada di kabupaten karangasem, antara lain:

01. Pantai Candidasa

Jika ingin menikmati indahnya suasana matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) dalam satu tempat, maka datanglah ke Pantai Candidasa. Pemandangan sunset di pantai candidasa terlihat lebih menarik karena matahari terlihat lebih bulat dan terbenam di antara bukit dan perairan Candidasa. Sangat cocok dijadikan objek fotografi atau sekedar ber-selfi dengan background sunrise pantai Candidasa. Selain memiliki pemandangan alam yang begitu mempesona, Candi Dasa memiliki beberapa daratan kecil yang unik di lepas pantai yang diberi nama Gili Biaha dan Gili Mempang.

02. Bukit Asah

Bosan dengan suasana perkotaan yang super sibuk dan bising? Silahkan coba menikmati alam perbukitan di Bukit Asah. Alam bukit Asah menyuguhkan pemandangan yang sungguh indah yang merupakan perpaduan antara keindahan laut dan keindahan perbukitannya. Di sini Anda bisa melakukan kegiatan kemah untuk menikmati suasana malam dan indahnya surise dari atas perbukitan.

03. Air Terjun Telaga Waja

Ingin uji nyali dengan wisata adventure? Silahkan coba main rafting di Sungai Telaga Waja. Lumayan lho, dua jam perjalanan, dijamin Anda akan puas berpetualang. Sepanjang sungai anda akan disuguhi pemandangan alam yang alami dan indah. Di sini Anda akan dapat bonus menikmati indahnya air terjun Telaga Waja yang siap memanjakan mata Anda.

04. Mendaki Gunung Agung

Masih ingin berpetualang? Coba injakan kaki Anda di puncak tertinggi di Bali. Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali (3021 m). Untuk mencapai puncaknya bisa melalui jalur Pura Besakih atau jalur Pura Pasar Agung.

05. Desa Wisata Banjar Dukuh

Ingin menikmati suasana pedesaan di bali timur? Coba datang ke Desa Sangkan Gunung dan rasakan keramah tamahan penduduknya. Tidak hanya disajikan dengan alam pedesaan dengan aktivitas penduduknya, juga akan disajikan keindahan alamnya dengan Gunung Agung sebagai backgroundnya.

06. Wisata Sejarah Taman Ujung & Taman Tirta Gangga

Kabupaten Karangasem memiliki dua tempat wisata bersejarah yang sudah terkenal sampai ke mancanegara yakni Taman Ujung dan Taman Tirta Gangga. Kedua taman air ini dibangun oleh Raja Karangasem. Tidak hanya terkenal akan keindahannya tetapi kental akan nilai historinya.

07. Pantai Virgin

Ingin menikmati suasana pantai baru? Datanglah ke Pantai Perasi atau lebih dikenal dengan nama Pantai Virgin. Sesuai dengan namanya pantai ini benar-benar masih “perawan” dan masih alami yang terletak di balik indahnya Bukit Asah.

08. Pantai Padang Bay

Masih penasaran dengan suasana bawah laut? Silahkan datang ke pantai padang bay. Tidak hanya disuguhkan keindahan pantainya, juga akan disuguhkan keindahan alam bawah lautnya. Melalui jasa penyewaan alat-alat selam Anda akan disuguhkan pemandangan alam bawah laut yang indah.

09. Bukit Jambul

Bosan dengan laut? Kembali lagi ke darat. Silahkan nikmati indahnya alam perbukitan, persawahan yang terasering, lembah menghijau dan lautnya yang membiru di Bukit Jambul.

10. Pura Bekasih

Pulau Bali mendapat julukan “pulau seribu pura” karena hampir setiap banjar terdapat sebuah pura atau lebih, dan pura terbesar yang ada di Bali berada di Kabupaten Karangasem, yakni Pura Besakih. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY