0
362

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Jangan buru-buru mengklaim diri bahwa Anda adalah seorang pengusaha atau wirausahawan kalau belum mampu melakukan proses atau tahapan dengan baik, benar dan halal, kata Andrie Wongso, pengusaha yang sukses dalam industri motivasi.

“Pahami dulu definisi dari kewirausahaan yaitu suatu seni usaha kemandirian melalui proses pengembangan kekuatan atau kelebihan baik dari diri sendiri atau orang lain. Ini suatu keadaan untuk  bisa menghasilkan  produk/jasa yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan keuntungan, “ ujarnya

Jadi, kalau bisa melakukan bisnis dengan baik,benar dan dengan cara halal maka dimata dunia dan dimata tuhan (akhirat)  barulah seseorang layak disebut sebagai seorang pengusaha atau entrepreneur sejati, ungkapnya di hadapan seratusan anggota dan pengurus komunitas Billioner Mindset  (BM) di Resto Mie hcm di Plaza Semanggi, malam ini.

Seorang entrepeneur harus tahu tahapannya dalam menjalankan usaha dan harus didahului dengan spirit dan spiritual karena spirit atau semangat saja tidak cukup tapi harus punya sisi spiritual sehingga tuhan bersama kita dalam menjalani  usaha karena tidak ada jaminan pasti sukses tetapi justru kitalah yang  harus memastikan dan  berjuang keras agar sukses.

“Jadi harus dimulai dengan Spirit, Wisdom  dan Spiritual of Entrepreneurship,  maksudnya semua hal yang  dikerjakan harus benar, baik dan halal tadi,” kata Andrie Wongso yang juga sesepuh di komunitas BM ini.

Hadir para tokoh senior lainnya yaitu Frans Budi Pranata, ketua komunitas BM yang juga CFO Zalora, akademisi Prof Roy Sembel dari IPMI bussiness School, Anthon Tedy, Managing Director TX Travel sekaligus pengusaha resto Mie hcm dan Ustad Yusuf Mansyur yang juga pengusaha di berbagai bidang.

Menurut Andrie Wongso, lima hukum pasti sukses berwirausaha yang pertama adalah memiliki jiwa Kewirausahaan. Orang yang berani mimpi dan ambisius, yakin dan percaya diri, bersikap optimistis,  aktif dan fokus pada pengembangan usahanya.

“Punya mental tahan banting yang berani spekulasi dan mengambil resiko, senang tantangan dan persaingan karena persaingan itu roh entrepreneurship,” ujarnya.

Hukum sukses kedua adakah  produk/jasa  dengan kategori the first, the best, the unique dan memiliki diferensiasi (differentiation) yang menuntut inovasi. Dalam pengembangan usaha yang diandalkan adalah produk dan layanan yang memuaskan sehingga akhirnya menciptakan loyaitas

“Pengusaha membuat produk/jasa dan mengejar profit tapi yang penting adalah pikirkan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing dan lakukan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing,” jelas Andrie Wongso.

Hukum sukses ketiga adalah kesempatan dimana ada tiga tipe orang yang menyikapi adanya peluang atau kesempatan. Orang yang lemah biasanya menunggu kesempatan, orang yang kuat akan  menciptakan kesempatan sedangkan orang yang bijak bisa memanfaatkan kesempatan

“Nah Anda tipe yang mana tapi percayalah zaman selalu menyajikan kesempatan sukses bagi siapa saja yg berani berubah dan mengubah. Ketika saya memproduksi kartu ucapan dengan kata-kata mutiara merk Harvest maka pada tahun 1980an itu tidak ada yang memproduksi kartu itu sehingga saya sukses pada jamannya dan benar-benar panen (harvest) dan jadi raja kartu ucapan,” jelasnya.

PicsArt_01-27-11.45.55

Hukum sukses ke empat adalah modal dan keahlian dalam mengelola uang. Sudah 25 tahun Andrie investasi dibidang properti dan  bisa tetap fokus mengembangkan beragam usaha di industri motivasi.

“Hukum sukses yang terakhir atau kelima adakah karakter. Pengusaha harus punya karakter yang baik. Hutang harus dibayar jangan diputar dulu atau malah ngemplang tidak bayar hutang. Berbuat kebaikan pada orang lain pasti akan berbalik pada diri kita sendiri, “ kata mantan foto model dan bintang film laga di Hongkong dan Taiwan ini.

Dalam berbisnis, tambahnya, kesuksesan dan kegagalan sebenarnya berjalan pararel dan merupakan suatu pengalaman ‘pendidikan’ sebagai bagian dari tahapan yang dijalani menuju puncak kesuksesan.

Terakhir Andrie mengingatkan bahwa karakter  wirausahawan  yang ideal adalah pintar bergaul. Pasalnya tiada sukses diraih tanpa keterlibatan orang lain sehingga dia harus pandai membawakan diri  di setiap pergaulan. Ini ilmu hidup yang mutlak dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses.

Di akhir acara, Frans Budi Pranata sebagai pendiri dan ketua komunitas Billioner Mindset mengatakan mindset (wawasan) menjadi kunci bagi seseorang untuk maju dan meraih kesuksesnnya.

“Kami ingin menginspirasi  seratus juta orang Indonesia untuk berwirausaha, punya hati sebagai billioner yang bisa membantu orang lain untuk hidup mandiri. Di negara ini masih ada 27% warganya yang berpenghasilan Rp 20.000/ hari untuk makan keluarga 3-4 orang. Lima hukum sukses berbisnis ala Andrie Wongso diharapkan dapat menginspirasi teman-teman untuk sukses dan selalu berbagi,”  kata Frans (hildasabri@yahoo.com)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY