13 – 15 November 2015, Borobudur International 10K

0
1214
Borobudur Run (Foto: .okezone.com)

MAGELANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempromosikan obyek wisata di sejumlah daerah melalui wisata olahraga tingkat internasional, “Borobudur 10K”. Event ini digabung acara sepeda “Tour de Borobudur XV” dan “half marathon”. Lomba lari tahunan ini digelar di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 13 hingga 15 November 2015.

Kategori yang dilombakan, 10 K terdiri elite internasional, elite nasional, TNI/Polri, umum dan pelajar. Pada nomor half marathon 21 km, peserta dikategorikan menjadi elite internasional, elite nasional dan umum.

Ini adalah pertama kalinya digelar nomor half marathon dimana tengah diusahakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah agar mendapatkan sertifikasi untuk nomor full marathon dari IAAF.

Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 dirangkai dengan beberapa acara lainnya, seperti Pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah pada 13 November di Gedung Tri Bakti Magelang, Tour de Borobudur pada 14 November dengan garis start di Mako Brimob Srondol Semarang dan finish di Pelataran Candi Borobudur, serta Borobudur Jazz Festival pada 14 November di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Penyelenggaraan Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 merupakan batu lompatan Borobudur Marathon 2016. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai ajang kompetisi para atlet lari tingkat nasional dan internasional yang pertama kali diselenggarakan pada 1990 dengan nama Bob Hasan 10K.

Pendaftaran peserta telah dibuka sejak 1 Oktober melalui sistem offline maupun online. Hingga hari ini tercatat ada 11.325 pelari yang sudah mendaftarkan diri untuk nomor 10 K dengan total hadiah yang diperebutkan adalah Rp16 milyar. Untuk pendaftaran silahkan kunjungi website www.borobudur10k.info dan www.borobudur10k.id untuk online.

Candi Borobudur sendiri merupakan andi Borobodur adalah monumen Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Di Candi ini ada 2672 panel relief yang disusun berjajar, panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY