12 Agustus 2018, Pawai Seni Budaya Helaran

0
48

BOGOR, bisniswisata.co.id: Kota Bogor Jawa Barat akan berulang tahun ke 536. Untuk merayakannnya, kota hujan kembali menggelar Hari Jadi Bogor (HJB) yang dimeriahkan dengan pawai budaya Helaran. Pawai budaya ini adalah sebagai bentuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata daerah Bogor, yang diselenggarakan pada 12 Agustus 2018.

Serangkaian kegiatan peringatan HJB 2018, seharusnya digelar Juni 2018, namun terpaksa dialihkan karena bersamaan dengan bulan Ramadan, Lebaran, dan hari pencoblosan Pilkada serentak. Selain itu, pengalihan festival ini juga ingin mempromosikan agenda wisata Kota Bogor kepada tamu-tamu Asian Games 2018.

Event ini diperkirakan melibatkan 5.000 peserta terdiri atas sanggar seni dan budaya yang ada di Kota Bogor serta luar kota, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, seluruh OPD Pemkot Bogor. Bahkan kelompok masyarakat dari enam kecamatan, perusahaan daerah, swasta nasional juga akan ikut berpartisipasi.

Selain itu, peserta Heleran ada yang dari Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, selain dari Kabupaten Bogor. Mereka akan menapilkan obyek wisata yang dimiliki juga menampilkan kesenian serta kebudayaan setiap daerah.

Materi kegiatan Helaran Seni Budaya Bogor ini berupa penampolan seni dari sanggar-sanggar, karnaval budaya bagi masyarakat, OPD, komunitas dan sekolah serta perguruan tinggi dan juga pawai kendaraan hias bagi perusahaan, hotel dan restoran. Bentuk sajian pergelaran tersebut dikemas sedemikian rupa dengan menjaga estetika, artistik, atraktif, menarik dan komunikatif. Juga ada Jampangan (rumah sunda zaman dulu).

Lokasi Helaran tetap sama seperti tahun sebelumnya yakni Jl Sudirman dari Air Mancur menuju Taman Kencana. Dimulai dari pukul 06.00 sampai 11.30 WIB. Helaran akan dibuka dengan pertunjukan drum band, kemudian iring-iringan 15 kuda dan kereta kencana yang akan membawa rombongan Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Gubernur Terpilih Provinsi Jawa Barat, Gubernur DKI Jakarta dan unsur Muspida. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY