12-15 Oktober 2015, Festival Timoresia

0
585

ATAMBUA, test.test.bisniswisata.co.id: Festival Timoresia yang diadakan di perbatasan wilayah Indonesia-Timor Leste mulanya dikemas dengan tujuan menciptakan zona damai di antara warga di wilayah perbatasan kedua negara. Saat ini, festival telah berkembang dan berubah kemasannya seiring dengan perkembangan situasi serta kondisi kedamaian dan keamanan di wilayah perbatasan.

Kegiatan Festival Timoresia ketujuh ini akan berlangsung di Atambua di Kabupaten Atambua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada 12-15 Oktober 2015. “Kementerian Pariwisata sangat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan di perbatasan negara ini.

Kegiatan ini seyogianya mendongkrak Atambua sebagai destinasi wisata perbatasan yang bisa mendatangkan wisatawan dari dalam dan luar negeri,” kata Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya, di Jakarta, Minggu (11/10/2015).

Festival ini telah berkembang menjadi paket wisata perbatasan dengan tujuan utama menggairahkan arus wisatawan ke Atambua. Namun, ajang ini tetap dikemas dengan harapan dapat menciptakan dan mengembangkan nilai-nilai persaudaraan antara masyarakat kedua negara yang secara budaya tidak dapat dipisahkan, walaupun secara teritorial berbeda. “Kegiatan ini memang memerlukan sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian terkait,” ucap Raseno.

Warga Indonesia dan Timor Leste berpartisipasi dengan mengikuti lomba balap motor grass track, lari Atambua 10K, karnaval budaya, serta menampilkan produk-produk lokal. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY