12 – 13 Mei 2018, Rhino Kites Festival

0
47
Layang layang malam hari (Foto: Rhino Cross Triathlon 2018 )

TANJUNG LESUNG, bisniswisata.co.id: Sedikitnya 100 layang-layang hias dengan ragam bentuk nan unik dan memesona mulai hewan, superhero dan lainnya bakal menghiasi langit Pantai Tanjung Lesung Banten, pada 12 hingga 13 Mei 2018. Menarik event ini bukan hanya layang-layang dari Indonesia yang diterbangkan, namun juga dari lima negara dari Malaysia, Singapura, Filipina dan Myanmar.

Kegiatan bertajuk Rhino Kites Festival ini digelar sebagai bagian dari penyelenggaraan ajang kejuaraan terbuka Rhino Cross Triathlon pada 29 – 30 September 2018. Rhino Cross Triathlon atau disebut Rhino X-Tri merupakan ajang kejuaraan terbuka cross triathlon terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung.

Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung, Provinsi Banten bersama Museum Layang-Layang Indonesia akan menerbangkan layangan Rhino bersama 100 layang-layang hias, dengan sebuah harapan dapat menggerakan wisatawan untuk datang ke Tanjung Lesung.

Apalagi ada acara yang menarik yakni seluruh pengunjung yang hadir tidak hanya dapat menyaksikan layang-layang, namun juga dapat mengikuti workshop melukis layangan. Seluruh event itu digelar secara gratis.

Bahkan untuk menyambut Rhino Cross Triathlon yang akan dihelat bulan September mendatang, di Rhino Kite Festival nanti, pengunjung juga akan dapat menyaksikan layang-layang genki triathlon, sepeda gowes dan badak rokkaku serta yang tidak kalah spesial adalah kehadiran pemain layang-layang dari lima mancanegara.

Pantai Tanjung Lesung berada sebelah barat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pantai ini mempunyai keunikan dan keindahan alam tersendiri. Pasir putih di sepanjang pantainya sangat padu-padan dengan air lautnya yang terlihat jernih. Mempunyai luas sekitar 1500 Hektar dengan lokasi yang cukup jauh dan tersembunyi membuat pantai ini punya julukan surga yang tersembunyi.

Nama pantai Tanjung Lesung ini memang terdengar sedikit aneh. Namun perlu anda tahu, penamaan pantai ini terkait dengan dataran pantainya yang agak menjorok ke laut yang terlihat mirip lesung (Alat Penumbuk Padi Tradisional).

Pantai Tanjung Lesung tak kalah dengan wisata-wisata pantai di daerah lain seperti Bali ataupun Lombok yang terlebih dahulu dikenal. Bahkan pada tahun 2015 pantai Tanjung Lesung ini diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Banten oleh Presiden Joko Widodo.

Tentu ini menjadi suatu kebanggan bagi penduduk setempat yang mempunyai tempat wisata setara Bali dan Lombok yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Hampir sama dengan umumnya wisata-wisata pantai yang ada di daerah lain, Tanjung Lesung juga menawarkan beragam wisata yang bisa anda coba jika berada di tempat ini. Mempunyai garis pantai dengan panjang 15 KM, membuat pantai Tanjung Lesung ini mempunyai banyak pilihan wisata, diantaranya:

# Snorkeling

Jika anda penikmat keindahan bawah laut, anda tidak boleh melewatkan panorama keindahan bawah laut yang ada di Tanjung Lesung ini.
Pantainya yang menjorok ke laut memungkinkan mencoba kegiatan snorkeling. Bahkan bagi anda yang tidak bisa berenang sekalipun bisa bersnorkeling ria di bibir pantai. Nikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota laut yang ada di dalam laut.

# Diving

Jika hobi diving (Menyelam), anda bisa meluangkan sedikit waktu anda ke pulau Liwungan, sekitar 30 menit dari pantai Tanjung Lesung. Di tempat ini anda akan dimanjakan lebih banyak lagi kekayaan biota laut utamanya terumbu karang, karena memang tempat ini menjadi salah satu lokasi konservasi terumbu karang.

# Hutan Mangrove

Di pulau Liwungan ini juga terdapat hutan mangrove yang sangat rapi dan terawat. Tentu sangat disayangkan jika anda melewatkan kesempatan ke pulau ini.

# Saksikan Sunset dan Sunrise

Tak kalah dengan pemandangan sunset (Matahari Tenggelam) yang berada di Tebing Keraton, salah satu tempat wisata yang ada di Bandung. Di pantai ini anda akan tertegun melihat sunsite dengan sudut view terbenamnya matahari di balik anak Krakatau. Begitu pula dengan sunrise (Matahari Terbit) yang memberi pengalaman tak terlupakan. Sangat cocok jika anda menikmati sunrise dengan berlari di tepian pantai bersama dengan keluarga anda.

# Water Sport

Olahraga air. Jika anda berwisata ke pantai Tanjung Lesung ini, tidak sah rasanya jika anda tidak mencoba salah satu olahraga air yang ada di tempat ini. Kano, bisa mencoba menelusuri laut di sekitar pantai dengan menggunakan kano. Banana Boat, nikmati sensasi menunggangi pisang raksasa di tengah laut bersama teman maupun keluarga. Jet Ski, olahraga ini cocok bagi anda yang senang dengan olahraga menantang. Dan Memancing, jangan lewatkan menangkap ikan yang ada di Tanjung Lesung di pinggir dermaga bersama keluarga anda.

# Pertunjukan Seni

Malam harinya ada pertunjukan seni dari seniman lokal Banten di daerah sekitar pantai. Bagi anda yang membawa anak kecil sangat disarankan untuk tidak menonton pertunjukan seni ini. Karena pertunjukan yang ditampilkan merupakan pertunjukan-pertunjukan yang ekstrim oleh orang-orang yang sudah terlatih untuk melakukannya , seperti debus dan tarian api yang memang sudah terkenal sejak lama.

# Kuliner

Yang gemar dengan wisata kuliner sepertinya tidak salah jika berwisata ke tempat ini. Apalagi bagi anda yang gemar dengan makanan laut, beberapa restoran di sekitar pantai menyajikan makanan laut sebagai menu andalannya. Bagi yang alergi dengan makanan laut, anda juga tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini juga banyak restoran yang menyediakan makanan tanpa menu makanan laut. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY