11 Juni-9 Juli 2016, Bali Art Festival 2016

0
639
Barong

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Bali Art Festival atau Pesta Kesenian Bali kembali hadir selama sebulan penuh di Taman Werdhi Budaya Arts Centre, Denpasar, Bali yang diselenggarakan pada 11 Juni-9 Juli 2016. Waktu ini, saat yang tepat untuk menyaksikan kekayaan budaya Bali, melalui seni pertunjukan dan pameran yang juga diikuti peserta dari Indonesia dan mancanegara.

Di tahun ke-38 ini, Bali Art Festival mengusung tema ”Paasuk Wetuning Bhuwana: Mempertahankan Keseimbangan dan Sinergi Universal”. Secara khusus acara ini menjadi kebanggaan masyarakat Bali untuk menunjukkan kemampuan dan kebolehan seniman setempat.

Festival rencananya dibuka Presiden Joko Widodo dan berlangsung setiap hari tanpa henti. Bagi masyarakat Bali, acara ini sangat penting sebagai wadah penggalian, pelestarian, dan pengembangan seni budaya. Acara tahunan ini juga memberi kontribusi kepada masyarakat untuk mengapresiasi dan meningkatkan mutu seni budaya Bali. Selain itu, akan menarik banyak wisman.

Berbagai acara inovatif dan kreatif ditampilkan dalam Bali Art Festival untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya Bali. Acara ini juga didesain untuk mengangkat citra Bali sebagai tujuan wisata internasional yang aman dan nyaman.

Berbagai tarian tradisional maupun kontemporer, pertunjukan wayang, musik, dan kompetisi yang mengisi agenda festival ini siap menghibur para pengunjung. Tak ketinggalan, ratusan perajin dari Kota Denpasar serta pulau-pulau tetangga juga ikut berpartisipasi dan menampilkan hasil kerajinan mereka.

Jadwal mingguan Bali Art Festival biasanya diisi dengan pertunjukan musik tradisional dan resital gamelan, serta pemutaran film-film dokumenter Bali. Gong Kebyar, pertunjukan gamelan yang dimainkan anak-anak Bali, juga kerap ditampilkan di panggung terbuka berdekor amphitheatre.

Pertunjukan Gong Kebyar ini seringkali menjadi sorotan karena keunikannya dalam memadukan vokal, musik, dan kolaborasi tarian. Pengunjung juga tak boleh melewatkan upacara pembukaan Bali Art Festival untuk menyaksikan pertunjukan balet tradisional atau yang lebih dikenal dengan Sendratari.

Pada hari biasa, Taman Werdhi Budaya Arts Centre adalah sebuah galeri untuk mengagumi patung-patung megah dan arsitektur khas Bali. Namun saat Bali Art Festival berlangsung, kompleks ini menjadi hidup dengan dekorasi tradisional penuh warna berbahan dasar bambu dan daun kelapa.

Bali Art Festival telah menjadi tradisi tahunan yang menampilkan keragaman dan ekspresi keindahan Bali. Awalnya acara ini diprakarsai almarhum Ida Bagus Mantra, seorang budayawan. Kini kegiatan tersebut menjadi salah satu ikon seni budaya Pulau Bali.

Seni budaya Bali sendiri menitikberatkan pengembangan kehidupan seni budaya tradisi yang mampu berintegrasi, beradaptasi dan menyelaraskan diri dengan dinamika zaman sehingga event selalu menarik untuk disaksikan.

Pesta Kesenian Bali kali pertama digelar tahun 1979, dan merupakan perwujudan gagasan almarhum Ida Bagus Mantra. Sejak saat itu PKB menjadi agenda tahunan, dan melibatkan seluruh seniman di Bali. PKB akan dibuka dengan pawai kesenian dari sembilan kabupaten. Sebagai tambahan, Bali juga mengundang daerah sekitar untuk berpartisipasi memeriahkan festival ini. Tahun lalu, misalnya, Bali mengundang Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tamu kehormatan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.