11-15 Oktober 2017, Legian Beach Festival

0
227

LEGIAN BALI, Bisniswisata.co.id: Kesepuluh kalinya, Legian Beach Festival (LBF) kembali digelar. Kini mengangkat tema Explore Indonesia, yang diselenggarakan di Pantai Padma Legian Bali, pada 11-15 Oktober 2017.

Tak bisa dipungkitri, kawasan Pantai Legian memang sangat indah dengan pasir putih dan ombak yang menantang untuk kegiatan surfing. Tak ayal banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Legian salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Bali. Bahkan, Pantai Legian selalu menjadi favorit wisatawan untuk menikmati hangatnya sinar matahari sambil melakukan kegiatan bersantai di pinggir pantai.

Selain sebagai ajang promosi wisata di Bali, festival bergengsi ini juga menjadi ajang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) unjuk gigi. Kegiatan ini juga dirancang untuk memberi peluang kepada Kabupaten atau Provinsi dari luar Bali untuk ikut mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki.

Destinasi di Bali merupakan tempat berpromosi yang efektif bagi Kabupaten maupun Provinsi di luar Bali. Mengingat Bali menjadi daerah tujuan utama pariwisata di Indonesia, yang sudah sangat dikenal para wisatawan mancanegara dari seluruh pelosok dunia.

Promosi dapat dilakukan nanti melalui stand-stand yang telah disiapkan guna menampikan keunikan atau kekhasan yang dimiliki dari masih-masing daerah. Panitia akan menyiapkan 100 stand pameran yang sebagian besar akan diisi oleh para UMKM lokal.

Sejumlah peserta di luar daerah yang ikut yaitu, dari Kota Bandung, Banyuwangi dan Bogor serta lainnya. Dimana mereka akan memamerkan aneka produk yang unik dari masing-masing daerah khususnya dari para pelaku UMKM. Menariknya, jika LBF pertama para peserta diberikan stand gratis tidak mau dimanfaatkan dengan baik.

LBF kali ini ditetap dikemas dalam konsep bernuasa tradisional dan modern yakni panggung akan ditampilkan kesenian tradisional seperti tari Cak dan Barong dan kesenian dari India. Untuk pembukaan LBF nanti akan dilakukan pada 11 Oktober yang diawali dengan parade atau karnaval dimulai dari pantai depan Padma Hotel menuju ke Melasti Stage.

Berbagai acara menarik bakal dihadirkan. Mulai dari fun bike ride, fashion show, food festival, wood ball cup, barong dan tari-tarian serta tidak ketinggalan latihan selancar gratis.

Legian Beach Festival 2017 dibuka dengan upacara pembukaan yang meriah. Dalam upacara pembukaan akan disajikan pagelaran Baleganjur Massal dan karnaval budaya dari seluruh peserta pameran serta eksibisi dari sejumlah negara.

Setiap peserta LBF 2017 nantinya juga mengisi pertunjukan budaya daerahnya masing-masing di panggung budaya. Pagelaran budaya daerah di panggung LBF 2017 menjadi sangat penting dan strategis sebagai bagian promosi langsung dari para pelaku seni tradisi daerah.

Selain itu juga akan ada kegiatan bola pantai yang akan melibatkan masyarakat lokal dengan wisatawan nusantara dan mancanegara yang sedang berada di Bali. Karena Legian dikenal dengan ombaknya, panitia akan memberikan kesempatan kepada peserta luar daerah dan pengunjung untuk belajar bermain surfing yang akan dilatih oleh surfer profesional.

Dalam kegiatan ini juga akan diluncurkan secara resmi Himpunan Pengusaha Legian (HI.PEL) yang akan ikut mendukung pariwisata Legian dengan ikut serta dalam pameran-pameran di Indonesia dan luar negeri. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.