11 – 14 Oktober 2018, Jogja Halal Fest

0
101
Jogja Halal Fest

BANTUL, bisniswisata.co.id: Jogyakarta punya event menarik. Jogja Halal Fest 2018, namanya. Festival bertajuk halal terbesar dan pertama kali diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, digelar di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DIYogyakarta, pada 11 hingga 14 Oktober 2018.

Panitia Jogja Halal Fest 2018 mentargetkan lima ribu pengunjung per harinya. Totalnya berarti 20 ribu pengunjung sampai 14 Oktober 2018. Festival ini merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat wisata halal di Indonesia, khususnya di DIYogyakarta.

Memang Yogyakarta memiliki potensi wisata yang besar. Potensi wisata di DIY itu nomor tiga setelah Bali dan Bandung. Untuk itu, semua pihak harus bersinergi melakukan percepatan pariwisata, khususnya wisata halal. Hal tersebut, dimulai dengan mengelar Jogja Halal Fest ini.

Saat ini halal sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan dari masyarakat. Tidak hanya masyarakat Indonesia, namun juga mancanegara. Karenanya Event ini menunjukkan kepada masyarakat luas kalau kita siap menyambut untuk menjadi satu destinasi wisata halal di Yogya.

Selain itu, Jogja Halal Fest 2018 memberikan kontribusi untuk mengangkat spirit ekonomi syariah di Indonesia. Juga bertujuan menciptakan bersama ekonomi Islam dan bersama mengangkat ekonomi Islam sehingga dapat diterapkannya bisnis Islami. MES (Masyarakat Ekonomi Islam) ingin mengangkat ekonomi halal dan bisnis pariwisata di Yogyakarta.

Juga kegiatan ini dapat mengangkat wisata halal di Indonesia. Pemerintah saat ini sedang gencar mengembangkan pariwisata halal. Terlebih, dengan adanya penetapan pengembangan 10 destinasi wisata prioritas atau yang disebut dengan 10 Bali Baru. Untuk itu, dalam rangka mengangkat parwisata halal di Indonesia, masyarakat harus siap. Tentunya dengan ikut mengembangkan wisata halal itu sendiri.

Event menampilkan sederet stand halal, mulai dari kuliner, fesyen, travel, investasi hingga perbankan. Menariknya lagi, Jogja Halal Fest turut menampilkan elemen-elemen halal dan syariah yang mungkin belum akrab di telinga masyarakat. Yakni di antaranya, rumah sakit, wisata halal dan syariah serta hotel-hotel yang menawarkan konsep syariah.

Selain itu, untuk memanjakan para pengunjung, juga memberikan rangkaian acara mulai dari seminar hingga talkshow halal yang digelar secara gratis. Rencananya, ada banyak tokoh-tokoh nasional yang mewarnai berbagai kegiatan di Jogja Halal Fest. Mulai dari Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Cawapres KH Ma’ruf Amin

Sejumlah talkshow juga dihadirkan pada hari pertama. Mulai motivasi bisnis CEO Kubik Leadership Jamil Azzaini, bincang bisnis dari pemilik Waroeng Group Jody Brotisuseno dan pemilik Warung Upnormal Rex Marindo. Lalu, ada tabligh akbar bertajuk Cara Berbisnis Rasulullah dari Ustaz Salim A Fillah. Ada pula Seminar Hunian Islami dan Your Single Islamic Music Contest.

Hari kedua akan diisi kajian Perjalanan Menembus Palestina dari Peggy Melati Sukma, kisah sukses Membangun Usaha Syariah dari Cawapres KH Ma’ruf Amin dan jumpa pemain film Hanum dan Rangga. Ada pula seminar digital marketing dan finance teknologi, bincang-bincang Explore Muslim Fashion Business dari perancang busana Rika Mudrika Paradise, Wening, Luvi Lufia dan Iffah Sogan Batik.

Juga, seminar kesehatan Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY) Perkumpulan Djamaah Haji Indonesia (PDHI), dan seminar Sehat ala Nabi bersama Herbalis Indonesia.

Hari ketiga, kajian kitab Waris dan Janaiz Ustaz Wijayanto, bincang manfaat sari buah anggur untuk kesehatan Nova Sidharta dan Tantiarini, dan Literasi Keuangan Syariah dari Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia dan Marissa Haque.

Ada pula seminar herbal bersama HNI Halal Market, Fashion Show Hijja, dan akan ditutup seminar bertajuk Merdeka dari Belenggu Masa Lalu dari Yosi Al Muzanni Klinik Nikah Jogja

Hari keempat, ada Olimpiade Bintang Cemerlang Bias, Az Zahra Coaching Class for Kids, Cemplon Community Cooking Class, dan seminar parenting Ustaz Bendri Jaisyuahman.

Selain itu, ada seminar branding syariah bersama Arief Budiman dan Andika Syafaat. Semua itu akan ditutup konser amal yang menampilkan Opick, serta pengundian hadiah umroh kepada pengunjung. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.