102 Film dari 42 Negara Semarakkan Bali International Film Festival

0
204
Bali International Film Festival (Foto: http://balithisweek.com)

DENPASAR, Bisniswisata.co.id: Bali International Film Festival 2017 (Balinale) siap digelar untuk ke-11 kalinya pada 24-30 September 2017. Festival film ini menghadirkan 108 film dari 42 negara yang akan ditayangkan di Cinemaxx Kuta, Bali. Tema yang diangkat kali ini adalah Menghubungkan Komunitas Melalui Dunia Film.

Dari 102 Film yang ikut, menurut Direktur Balinale, Deborah Gabinetti, terdiri dari film cerita Independen yang membuka wawasan, film-film pendek, maupun film dokumenter yang berkualitas karena sudah melalui proses seleksi. Memang, ada sesuatu dari film yang membuat kita terhubung, entah itu karena visual, cerita, aspirasi, harapan ataupun impian

Hal baru yang akan terjadi dalam Balinale Film Festival ke 11 ini adalah adanya penjurian terhadap beberapa film yang ikut dalam kategori kompetisi. “Ini kita adakan untuk memberi apresiasi terhadap karya-karya film independen. Dan beberapa di antaranya berasal dari negara-negara yang industri filmnya sudah maju namun tetap memberi ruang bagi film Independen,” kata Deborah, Jumat (08/09/2017).

Tidak hanya itu, Deborah juga berkata perkembangan ini dapat dilihat dari keikutsertaan filmmaker luar negeri yang akan berkunjung ke Bali untuk menghadiri Balinale. “Ada beberapa banyak filmmaker dari luar negeri datang juga. Program kami ini memang untuk support perfilman Indonesia,” ujarnya.

Balinale memiliki program kompetisi bernama ‘In Competition’ yang dilaksanakan sepanjang festival dan non-kompetisi yang hanya menayangkan film yang tidak dilombakan.

Juga ada program paralel, yaitu BalinaleX Film Forum. Acara ini merupakan forum diskusi yang akan mengundang panelis dari rumah produksi besar luar negeri. BalinaleX Film Forum akan digelar sebelum festival film berlangsung, yaitu tanggal 22-23 September 2017. (*/RLS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.