10 Negara Miliki Hotel Ramah Kaum Difabel

0
819

AMERIKA SERIKAT, test.test.bisniswisata.co.id: Hotel di negara manakah yang paling peduli dengan warga berkebutuhan khusus? Ternyata jawabannya adalah Amerika Serikat. Menurut situs pemesanan hotel, Agoda.com, berdasarkan studi terbarunya menunjukkan Amerika Serikat memiliki persentase tertinggi untuk jumlah hotel yang memiliki fasilitas untuk warga berkebutuhan khusus.

Studi ini mengacu pada informasi yang disediakan oleh lebih dari 600.000 hotel yang dapat dipesan di Agoda.com. Tujuh puluh tujuh persen hotel di AS sejauh ini merupakan yang paling memberikan kemudahan bagi kaum difabel melalui fasilitas-fasilitasnya. Urutan selanjutnya adalah Uni Emirat Arab, Irlandia, dan Portugal. Sekitar 55 persen hotel di setiap negara tersebut menawarkan fasilitas untuk tamu berkebutuhan khusus.

“Kami sangat senang setelah mengetahui bahwa banyak hotel memberikan fasilitas untuk tamu dengan kebutuhan khusus,” kata John Brown, Chief Operating Officer Agoda.com seperti dilansir laman National Geographic Traveler, Sabtu (28/3/2015).

Banyak faktor yang mempengaruhi apakah hotel akan memiliki fasilitas yang mudah diakses, termasuk hukum dan peraturan daerah setempat, jenis wisatawan yang akan datang ke destinasi tersebut, serta usia dari akomodasi tersebut.

Contohnya Uni Emirat Arab, di negara ini pembangunan besar-besaran selama lebih dari satu dekade ini menghasilkan berbagai bangunan hotel baru yang cenderung memiliki fasilitas yang mudah diakses. Di ibu kotanya, Abu Dhabi, 90 persen hotelnya memiliki fasilitas untuk kaum disabilitas.

Berdasarkan studi ini, destinasi-destinasi ziarah juga cenderung memiliki tingkat aksesibilitas lebih tinggi. Di Fatima, Portugal, Provinsi Huelva di Spanyol, dan Lourdes, Perancis, lebih dari 70 persen hotel menyatakan bahwa mereka memiliki fasilitas untuk para tamu dengan kebutuhan khusus.

Tidak ada satu pun negara di Asia yang berhasil masuk peringkat 10 besar. Singapura merupakan yang tertinggi di antara negara Asia lainnya, yaitu pada peringkat 18 dengan 40 persen dari hotel mereka di Agoda.com memiliki fasilitas untuk kaum disabilitas. Bahkan, Indonesia hanya memiliki 11 persen dari keseluruhan jumlah hotel yang terdaftar di Agoda.com. Lima destinasi yang berada di peringkat sepuluh terbawah berasal dari benua Asia.

Negara memiliki persentase tertinggi untuk penginapan yang dapat diakses kaum difabel:

01. Amerika Serikat 77%
02. Uni Emirat Arab 55%
03. Irlandia 55%
04. Portugal 55%
05. SelandiaBaru 54%
06. Mauritius 53%
07. Italia 52%
08. Norwegia 52%
09. Puerto Rico 51%
10. Israel 49%

Negara dengan persentase terendah untuk penginapan yang dapat diakses kaum difabel:

01. Indonesia 11%
02. Rusia 11%
03. Peru 10%
04. Uruguay 10%
05. Vietnam 9%
06. Nepal 8%
07. Thailand 8%
08. Azerbaijan 8%
09. Kamboja 8%
10. Bolivia 8%
11. Georgia 8%
12. Montenegro 7%
13. Laos 1% ****

LEAVE A REPLY