10 Destinasi Wisata Indonesia Pilihan Pembaca

0
59
Labuan Bajo NTT (Foto: IDN Times)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Labuan Bajo menduduki peringkat teratas dalam daftar 10 Destinasi Wisata Pilihan Pembaca CNNIndonesia.com untuk tahun 2018. Kawasan perairan yang berada di Flores itu terpilih karena beragam kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sana, mulai dari menyelam sampai mengunjungi Taman Nasional Komodo.

Peringkat ke-dua peringkat tersebut ditempati oleh Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur. Sama dengan Labuan Bajo, destinasi wisata ini juga menawarkan bermacam kegiatan wisata di darat dan perairannya. Sumba juga disebut sebagai destinasi wisata yang fotogenik.

Peringkat ke-tiga sampai ke-lima ditempati oleh Taman Nasional Gunung Rinjani, Banyuwangi, dan Mandalika. Dari ketiga destinasi wisata tersebut, Banyuwangi dan Mandalika terbilang sebagai kawasan yang baru “harum namanya”.

Berdekatan dengan Bali, Banyuwangi disebut sebagai pilihan tempat menyelam dan berselancar, karena garis pantainya memiliki keindahan bawah laut yang cantik serta ombak yang cukup menantang.

Sedangkan Mandalika merupakan destinasi wisata yang sejak tahun lalu “dipoles” oleh pemerintah Indonesia untuk mendatangkan turis dan investor. Berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, kawasan wisata perairan ini diapit oleh tebing karang yang cantik.

Baik Banyuwangi dan Mandalika menjadi populer setelah banyaknya penerbangan langsung dari Jakarta yang mendarat di sana. Kawasan perairan sepertinya masih menjadi pilihan pembaca CNNIndonesia.com untuk berwisata tahun ini, karena di peringkat ke-enam sampai ke-sembilan didominasi oleh destinasi wisata bermedan tersebut: Alor, Banda, Mentawai, dan Selat Lembeh.

Namun, minat pembaca menikmati kawasan pegunungan juga tetap ada dengan masuknya nama Lembah Baliem di peringkat ke-sepuluh. Lembah Baliem yang berada di Pegunungan Jayawijaya, Papua Barat, menyimpan keindahan alam yang masih sangat lestari sekaligus kisah kehidupan Suku Dani yang menarik.

Daftar ini disusun berdasarkan hasil survei di media sosial CNNIndonesia.com dengan total suara yang terkumpul sebanyak 740 suara.
Berikut ini ialah daftar lengkap destinasi wisata pilihan pembaca CNNIndonesia.com untuk tahun 2018:

# Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Labuan Bajo, mulai dari menyelam sampai mengunjungi Taman Nasional Komodo. Bagi yang ingin menjelajah, banyak bukit dan pantai yang berpemandangan indah. Saat ini ada banyak kapal pesiar dari Bali yang menawarkan perjalanan menuju Labuan Bajo.

# Sumba, Nusa Tenggara Timur
Kawasan ini pertama kali dikenal melalui unggahan foto dan video para selebriti Indonesia yang mendukung kelestarian kain tenun khas Sumba. Padang ilalang dan laut biru berpadu di bawah langit yang selalu cerah. Ada banyak tempat penginapan yang buka di sana, tinggal memilih mau yang berkonsep hostel atau hotel bintang lima.

# Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani masih menjadi primadona para turis yang gemar mendaki. Gunung ini berada dalam kawasan taman nasional yang kelestariannya dilindungi pemerintah. Bagi turis awam, tak perlu mendaki sampai puncaknya karena gunung ini juga memiliki beberapa titik yang mudah dijangkau seperti Plawangan Sembalun, perbukitan hijau yang menghadap ke arah danau.

# Banyuwangi, Jawa Timur
Turis yang bosan dengan suasana Bali bisa mendatangi Banyuwangi, karena kawasan ini juga menawarkan objek wisata yang sama cantik ditambah belum banyak terjamah turis. Pulau Merah dan Pantai Plengkung menjadi tujuan wisata utama turis yang ingin berselancar. Sementara yang gemar menyelam bisa mendatangi Bangsring. Bagi yang ingin mendaki bisa mengunjungi Kawah Ijen.

# Mandalika, Nusa Tenggara Barat
Lombok bukan hanya Kepulauan Gili, karena kini ada Mandalika yang semakin populer. Kawasan ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, di mana pembangunan akses diutamakan demi kedatangan investor dan turis. Sebelum banyak dijamah pendatang, tak ada salahnya berkunjung ke sini pada tahun ini.

# Alor, Nusa Tenggara Timur
Raja Ampat memang masih banyak dikunjungi turis, tapi saat ini turis mancanegara banyak yang mulai berdatangan ke Alor, kepulauan yang berada di Nusa Tenggara Timur. Mereka yang sudah pernah datang ke sana mengatakan kalau keindahan kepulauan ini bak surga dan nyaris menyaingi yang ada di Kepulauan Karibia.

# Banda, Maluku
Rempah membuat harum nama Banda. Tak hanya itu, kawasan perairannya juga membuat terkenal salah satu pulau terdepan ini. Terumbu karang di sini dibilang lebih beragam karena muncul dari lelehan lava dari Gunung Api Banda yang meletus beberapa dekade yang lalu.

# Mentawai, Sumatera Barat
Selain Pantai Plengkung, turis yang gemar berselancar juga biasanya mendatangi Mentawai, yang memiliki ombak menantang. Turis yang sudah pernah datang mengatakan kalau ombak di sana mirip dengan yang ada di Hawaii. Berbagai kejuaran dunia juga sering diadakan di sini.

# Selat Lembeh, Sulawesi
Berada di Sulawesi, kawasan ini disebut memiliki biota laut yang sangat beragam. Baik penyelam profesional dan pemula bisa menikmati keindahan bawah lautnya, karena ada beragam medan titik penyelaman yang bisa dikunjungi.

# Lembah Baliem, Papua Barat
Rasanya, belum ke Indonesia kalau belum mengunjungi Papua Barat. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini ialah mendaki dan mengujungi pemukiman Suku Dani yang memiliki beragam cerita dan tradisi. (CNN)

LEAVE A REPLY