10 Destinasi Menyelam Terbaik di Indonesia

0
1445
Wisatawan asing menyelam di Bali. (foto: http://abhiramatourdibali.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia terkenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari terbaik di dunia. Rumah bagi ribuan spesies terumbu karang dan ikan di Dunia. Semoga dengan thread ini, kita semua bisa mengenal lebih jauh keindahan dasar laut di Indonesia. Berikut 10 tempat menyelam terbaik di Indonesia.

Memang banyak sekali tempat menyelam yang tidak kalah bagus dan indahnya dari ini. Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang kelautan. Menyadari akan kekayaan laut di Indonesia. Mari kita jaga dan rawat bersama.


01. Kepulauan Komodo

Pulau Komodo memberikan pemandangan yang diinginkan setiap penyelam di dunia. Dari terumbu karang yang dipenuhi ratusan ikan berwarna-warni di perairan dangkal yang tenang, hingga arus di laut dalam yang dilewati hiu, tuna, dan ikan besar lainnya. Berbagai biota laut di Pulau Komodo menjadikannya salah satu tujuan scuba diving terbaik di Dunia. Dari hiu paus, sunfish, pari manta, pari elang, kuda laut kerdil, clown frogfish, dan gurita cincin biru. Semua berada di terumbu karang yang berwarna-warni, bagaikan di surga! Pulau ini juga terkenal sebagai habitat kadal komodo, kadal terbesar di dunia yang dapat tumbuh mencapai 2,5 meter dan 125 kg.

02. Kepulauan Bunaken

Menyelam di Pulau Bunaken, Manado. Seperti menyelam di antara Keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang kelas dunia. Saat menyelam di sini, anda dapat melihat 7 kali lebih banyak terumbu karang daripada di Hawaii, 33 spesies butterflyfish dan lebih dari 70% spesies ikan yang berada di Indo-Pasifik Barat. Dari udang kecil, hingga hiu sirip hitam dan pari elang. Di sini, anda dapat benar-benar melihat perbedaan!

03. Kepulauan Raja Ampat

Terletak di bagian ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di pulau Raja Ampat, atau Empat Raja. Menurut Buletin Conservation International Rapid Assessment, keragaman hayati laut untuk menyelam di Irian Jaya jauh lebih banyak dari semua daerah lain di dalam segitiga terumbu karang Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Lebih dari 1200 spesies ikan, 600 jenis karang, 699 spesies moluska. Gampangnya, jika anda tidak menikmati menyelam di sini, lebih baik jual saja peralatan menyelam anda!

04. Kepulauan Bali

Salah satu pulau terindah di dunia, bali adalah tujuan wisata menyelam di Indonesia. Yang terbaik dari menyelam di Bali adalah keanekaragaman hayati yang kaya, terumbu karang yang berwarna-warni. Cukup untuk membuat anda ingin datang kembali.

05. Kepulauan umbawa & Flores

Menyelam di Flores memberi Anda kesempatan yang sempurna untuk menambahkan pengetahuan tentang ikan kecil dan hewan air. Walau efek dari memancing dengan bom dan tsunami pada tahun 1992 telah merusak sebagian daerah, tetapi regenerasi terumbu karang yang baik telah membuat berbagai jenis karang lebih banyak tumbuh. Menawarkan air yang sebening kristal, gelembung uap gunung bawah laut, berbagai macam ikan karang, gurita cincin biru, tuna, hiu karang. Cukup membuat anda untuk mengeksplorasi lebih dalam!

06. Kepulauan Lombok

Beberapa orang mengatakan telah melihat semuanya, padahal mereka tidak. Lombok menawarkan pengalaman menyelam yang spektakuler dengan terumbu karang yg masih belum tersentuh dan 100% utuh. Rumah bagi berbagai jenis ikan. Menyelam ke perairan dalam dan terpesona oleh berbagai kura-kura, Hiu karang sirip putih, Hiu palu, Sotong, Belut Moray, kakap, pari Manta, pari Elang dan banyak lagi. Membuat Anda takjub dari awal sampai akhir.

07. Kepulauan Bangka Belitung

Menawarkan lebih dari 25 titik penyelaman dengan lereng yang dipenuhi terumbu karang, deretan batu karang yang membentuk formasi yang luar biasa. “menakjubkan” dan “mengagumkan” adalah kata-kata yang sering terdengar di kapal setelah penyelaman.

08. Kepulauan Banda

Kepulauan Banda yang penuh dengan sejarah dan tempat penyelaman yang indah. Pusat perdagangan rempah-rempah dan tempat pengasingan bagi pejuang kemerdekaan pada zaman kolonial. Populasi manusianya yg sedikit, menjadikan perairan banda tetap terjaga dari kerusakan. Hamparan karang yang hidup alami, ribuan ikan yang berenang bebas membuat tempat ini luar biasa. Anda juga harus menikmati sisa-sisa peninggalan sejarah dari zaman kolonial.

09. Kepulauan Wakatobi

Muncul dari kedalaman Laut Banda. Pulau-pulau utama Wangi, Kaledupa, Tomea, Binongki (Wakatobi) menyajikan sebagian besar dari semua jenis karang dunia. Sebagai taman nasional menjadikannya tempat terumbu karang yang terlindungi. Masyarakat nelayan lokal juga mendapat hasil dari pariwisata menyelam. Sebagai pertukaran untuk meninggalkan pemancingan ilegal yg merusak laut. kontribusi lain untuk memperkuat keberadaan taman laut.

10. Kepulauan Sangihe & Talaud

Kepulauan Sangihe adalah rantai kepulauan vulkanik di timur laut semenanjung Sulawesi Utara. Terdiri dari sekitar 40 pulau vulkanik, beberapa di antaranya memiliki tinggi lebih dari 1.500 meter, perairan kepulauan ini adalah salah satu yang terdalam di dunia dan arus air dalam membawa plankton dan nutrisi yang memperkaya keanekaragaman biota laut di sini. Berbagai hamparan terumbu karang dan tebing laut yang siap menyambut Anda dengan segala keindahannya yang megah, di mana Anda dapat melihat berbagai hiu, tuna ekor putih, dan barracuda berada di rumahnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.