1 November 2015, Karapan Sapi Piala Presiden 2015

0
3408

BANGKALAN, test.test.bisniswisata.co.id: Sebanyak empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim), menggelar seleksi karapan sapi tingkat kabupaten guna memperebutkan Piala Presiden RI, yang akan digelar 1 November 2015. Keempat kabupaten itu adalah Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Di Bangkalan, seleksi karapan sapi tingkat kabupaten ini digelar di stadion lapangan karapan sapi RP Moh Noer, Kampung Skep, Kelurahan Bancaran, Kecamatan Kota, Bangkalan.

Sebanyak 36 pasang sapi karapan yang berasal dari Kecamatan Bangkalan, Sepulu, Tanah Merah, Arosbaya, Socah, Galis dan Geger bersaing berebut juara pada ajang festival karapan sapi kali ini.

Atraksi budaya karapan sapi yang digelar setiap tahunnya ini, tetap dilestarikan, dikemas dengan apik agar menjadi produk unggulan yang punya nilai jual tinggi, sehingga mampu mendongkrak kehadiran wisatawan lokal mamupun mancanegara.

Dari 36 sapi yang bersaing dalam festival karapan sapi tingkat kabupaten di Bangkalan itu, nantinya akan dipilih tiga besar pada bagian menang dan tiga besar lainnya ada bagian kalah. Yang dimaksud pemenang bagian kalah dalam tradisi festival karapan sapi itu adalah pasangan sapi yang kalah dilombakan lagi, sehingga terpilih tiga pemenang.

Dalam literatur sejarah, karapan sapi pertama dipopulerkan pada abad ke-18 di Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep. Jenis festival sapi karapan ini dikenal mempunyai sistem lomba yang unik dan berbeda dengan lomba-lomba lainnya, karena di awal babak penyisihan, sapi yang kalah tidak tergusur atau langsung gugur. Mereka masih diberi kesempatan tampil untuk berlomba dengan sapi yang sama-sama kalah.

Demikian juga sebaliknya, sapi yang menang akan diadu kembali dengan sapi yang sama-sama menang. Selanjutnya akan diambil juara 1,2,3 untuk kategori sapi menang dan juara 1,2, 3 untuk katagori sapi yang kalah. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY