1 – 5 Desember 2015, Kongres Kesenian Indonesia III

0
1447
Kesenian Reog Ponorogo

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kongres Kesenian Indonesia (KKI) kembali digelar. Sebelumnya, KKI pernah diadakan pada 1995 dan 2005. Kini untuk ketiga kalinya, kongres yang diselenggarakan Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 1-5 Desember 2015.

Berbeda dengan dua kongres sebelumnya, KKI III 2015 tak hanya diikuti para pelaku seni dari Indonesia, tapi juga semua elemen yang mendukung atau terlibat langsung dengan kesenian. Pihak-pihak tersebut meliputi budayawan, kritikus, kurator, akademikus seni, komunitas seni, pengelola venue seni, wartawan seni, hingga pihak-pihak yang berhubungan dengan berbagai kebijakan penyelenggara negara di bidang kesenian.

Sebanyak 700 seniman dari seluruh Indonesia ditargetkan turut ambil bagian dalam kongres ini. Diharapkan dengan beragamnya peserta kongres kali ini, diharapkan melahirkan banyak rekomendasi yang solid, yang bisa digunakan sebagai acuan menyusun kebijakan menyangkut bidang kesenian.

Tema yang diangkat KKI III 2015: “Kesenian dan Negara dalam Arus Perubahan”. Tema ini dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan yang faktual. Berbagai perubahan yang sangat dinamis kini tengah berlangsung dalam konteks kehidupan bernegara maupun berkesenian.

Tema besar tersebut dibagi dalam empat subtema, yakni “Politik Kesenian dalam Perspektif Negara”; “Kesenian, Negara, dan Tantangan di Tingkat Global”; “Pendidikan Seni, Media, dan Kreativitas” serta “Seni dalam Pusaran Kompleksitas Kekinian”.

KKI III diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi pikiran dan pengalaman antara para seniman dan pihak yang terlibat dalam menentukan dinamika kesenian dan berkesenian. Jadi, arah perubahan dapat terbaca demi kemajuan kesenian Indonesia pada masa yang akan datang. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY