1 – 5 Agustus 2018, Festival Anggrek Merapi

0
53
Wisatawan menikmati angrek merapi (Foto: Tempo.co)

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Gunung Merapi bukan hanya menghasilkan debu dan semburan api, namun juga memiliki bunga anggrek yang memiliki ciri khas tersendiri. Saking terkenalnya di pelosok nusantara bahkan mancanegara, Kabupaten Sleman bersama komunitas pecinta Anggrek menggelar Festival Anggrek Vanda Tricolor atau anggrek merapi di Taman Anggrek Titi Orchids, Sleman, pada 1 hingga 5 Agustus 2018.

Rencananya Festival yang menjadi event tahunan Sleman dibuka Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan mengundang pecinta anggrek se Indonesia, juga wisatawan nusantara maupun mancanegara yang tertarik dengan kecantikan bunga anggrek.
Apalagi, Anggrek Vanda Tricolor ini merupakan anggrek khas lereng Gunung Merapi yang terkenal sangat cantik.

Festival yang telah digelar untuk keempat kalinya ini, juga dalam rangka mempromosikan anggrek Khas Merapi sebagai ciri khas flora Sleman. Selain itu, mengedukasi masyarakat mengenai Anggrek Merapi dan melestarikan anggrek di lereng Merapi yang rawan punah karena diterjang erupsi Merapi

Ditambah lagi, Festival Anggrek Tricolor untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan tanaman anggrek Vanda Tricolor juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap tanaman anggrek secara umum. Juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sleman.

Memang, selama ini Sleman merupakan kawasan di lereng Gunung Merapi yang memiliki potensi dan kecocokan lahan untuk budi daya anggrek. Namun saat ini anggrek Tricolor khususnya Tricolor Merapi semakin langka.

Dalam festival ini juga digelar pameran dan bursa anggrek, demo merangkai anggrek Vanda Tricolor, pelatihan budi daya anggrek, pelatihan menanam anggrek dan klinik kesehatan tanaman anggrek, serta lomba mewarnai dan melukis. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY